Amankah Ibu Hamil Cabut Gigi

Amankah Ibu Hamil Cabut Gigi Selama Masa Kehamilan

Selama masa kehamilan, ibu akan mengalami adanya perubahan hormon yang menyebabkan ibu lebih rentan terhadap kerusakan gigi serta infeksi pada gusi. Terlebih jika pada awal kehamilan ibu juga mengalami morning sickness, yang mana kondisi semacam ini akan mengakibatkan memburuknya kondisi kesehatan mulut dan gigi.

Pada saat kehamilan dan ibu mengalami penyakit gusi maka bisa menjadi salah satu faktor terjadinya kelahiran secara prematur. Lalu, ketika keadaan semakin memburuk amankah ibu hamil cabut gigi?

Perlu diketahui, pada saat akan melakukan cabut gigi, biasanya Anda akan di bius terlebih dahulu agar tidak merasakan sakit. Nah, yang sebenarnya menjadi polemik adalah mengenai obat bius dan efeknya terhadap janin. Ditambah lagi, obat bius dengan jenis lidocaine diketahui dapat masuk plasenta melalui aliran darah ibu. Sehingga dianggap mampu mempengaruhi terhadap perkembangan janin.

Namun ternyata cabut gigi ketika hamil dikatakan masih tergolong aman. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of American Dental Association pada tahun 2015. Yang telah melaporkan bahwa lidocaine yang digunakan pada saat cabut gigi tidak akan memberikan pengaruh besar terhadap gangguan kehamilan seperti keguguran, cacat dan juga kelahiran secara prematur.

Baca juga: Amankah ibu hamil creambath di salon

Selain itu, penggunaan obat bius jenis tersebut tidak akan berpengaruh pada berat bayi. Hal ini terbukti setelah adanya pengamatan terhadap kelompok ibu hamil yang disuntik dengan lidocaine dan ibu hamil yang tidak. Di sisi lain, melakukan cabut gigi justru akan menghentikan infeksi pada gigi dan manfaat tersebut justru lebih banyak berpengaruh dibanding risiko yang mungkin ditimbulkan.

Meskipun demikian, Anda tetap harus memberitahukan kepada dokter yang akan mencabut gigi, bahwa Anda sedang hamil. Tujuannya agar dokter dapat mempertimbangkan pencabutan gigi baik dengan cara menurunkan dosis maupun dengan cara mengganti jenis obat bius yang akan digunakan. Dokter juga akan memberikan resep obat guna meredakan nyeri yang lebih aman bagi ibu hamil.

Hal yang tidak kalah penting ketika ibu hamil melakukan cabut gigi adalah meminta tambahan obat bius apabila memang Anda merasakan sakit yang teramat sangat. Selama proses pencabutan gigi Anda harus berada dalam keadaan senyaman mungkin agar tidak mengalami stres. Sebab kondisi stres ini akan berpengaruh terhadap janin Anda. Semakin Anda merasa nyaman maka obat bius juga akan semakin bekerja secara maksimal.

Amankah ibu hamil cabut gigi? Pertanyaan yang banyak menjadi permasalahan ini kini sudah menemukan titik terang terkait dengan munculnya hasil penelitian yang dikeluarkan oleh para ahli. Semoga dapat membantu mengurangi rasa kekhawatiran Anda yang selama masa kehamilan mengalami gangguan pada mulut dan gigi.

Tidak ada komentar untuk "Amankah Ibu Hamil Cabut Gigi "